Diary of an IT Guy

Heart passion to keep the brain moving>>>

Archive for the ‘Kesehatan’ Category

Kacamata anakku

with 5 comments

Mudah-mudahan kita tetap tabah dalam menjaga anak-anak kita. Kuatkan tekadmu Nak!

——

Kisah ini bermula pada 8 Maret 2004, pulang kerja  saya mendapat surat
dari ibu guru anak saya (nama anak saya Yudha), berisi ” Mama yudha tolong
yudha diperiksakan ke dokter mata, karena apabila saya roling ke bagian
belakang dia selalu bilang awas-awas nggak kelihatan”. Surat itu datang
hari senin, hari selasanya saya bawa anak saya pergi ke dokter mata
ternyata benar mata anak saya minus 5 slinder 1.5 untuk mata sebelah
kanan, minus 1.5 slinder 2 untuk mata sebelah kiri. Saya tidak percaya,

saya bawa lagi Yudha berobat ke dua dokter mata yang lain pada hari Rabu
dan Kamis, hasilnya sama. Saya mencari penjelasan kenapa kejadian itu bisa
terjadi pada Yudha ? Tenyata selain faktor keturunan, ada faktor lain yang
menjadi penyebabnya yaitu pada saat saya mengandung 3 bulan saya terkena
Demam berdarah yang sangat akut karena dikira hanya sakit Typus biasa.
Penanganan terhambat karena saya dalam kondisi hamil, sehingga
mempengaruhi pembentukan kornea mata Yudha, yang seharusnya berbentuk
bulat, tapi kornea Yudha berbentuk Lonjong. Hal ini dapat berpengaruh pada
penglihatannya. Saat mendengar dan melihat kenyataan itu, saya seperti
tertimpa beban yang sangat berat, sedih rasanya membayangkan anak berumur
5 tahun yang baru duduk di sekolah TKA sudah minus 5, dan yang membuat
saya sedih bahwa kelainan mata anak saya berasal dari dalam kandungan.
Read the rest of this entry »

Written by isal

7 June 2008 at 00:25

Posted in Kesehatan

Tagged with , , ,

Pertama Kali diBekam

with 7 comments

Sambil ngabuburit kita ngeblog aja yuk 🙂

Btw kemaren sabtu eke nyempetin praktek pengobatan Rosulullah sejak 14 abad yang lalu yakni dibekam atau dalam bahasa arab-nya hijamah. Gara-gara otak ini kok makin lemot ya. Ah coba dibekam deh supaya seger. Maksih bro rizky sudah mengenalkan ku pada bekam ini.

Caranya adalah dengan men-coupping daerah titik tubuh teretentu biasanya kepala atau punggung setelah regas kemudian ditoreh/disayat kecil dengan pisau atau silet steril. Baru kemudian disedot dengan cupping kembali sehingga darah kotor keluar. Efek bekam hasilnya tidur nyenyak bgt dan badan lumayan lebih ringan.

Bekam merupakan teknik pengobatan dari timur tengah dimana digunakan untuk mengeluarkan darah kotor dan toksik yang ada di dalam tubuh. Berdasarkan riwayat Rosul SAW setidaknya dibekam 4 kali dalam setahun. Kata ahli bekam hati-hati kalau orang yang dibekam menyimpan ‘pegangan’ (alias elmu hitam/putih atau ada jin-nya) biasanya suka bereaksi dan nolak alias gemeter.

Tapi ingat fungsi utama bekam itu adalah ngusir penyakit bukan untuk ngusir sihir atua teluh atau pelet dsb. Jgn disalah artikan ya..

Read the rest of this entry »

Written by isal

12 May 2008 at 18:17

Posted in Kesehatan

Tagged with , , ,

Membiasakan Lagi Olah Raga pagi

with one comment

Tak terasa badan sudah begitu melar. Emang fakta orang tua jaman baheula kalau seorang laki-laki sudah menikah dia perutnya suka buncit. Dan ternyata sekarang dialami olehku. Yup mungkin ini gara-gara pas pulang kerja langsung makan terus tidurrr…. Dan jarang berolah raga. Akibatnya perut jadi “bucitreuk” alias buncit.

Yah mungkin juga tiap hari ngasuh anak tiap pagi jadi gak bisa sempet olah raga. Berenang sih sudah diusahakan untuk disempet-semptin tiap minggu/sabtu di kolam renang patra daerah simprug. Teknik berenang sudah OK tapi ya itu karena makannya yang berlemak dan minumnya yang mengandung susu jadi ya itu dia perut gak berubah. Celanaku yang dulu sekarang sudah gak cukup lagi so harus jahit baru sepertinya.

Ada kebiasaan baru yang yang menarik dimana untuk makan siang tadinya suka di warung padang belakang belagio, sekarang beralih kembali ke warung tegal (warteg) belakang ambas. Nasinya biasanya gak perlu banyak dan cuku pakai sayur sop, telur dan tempe goreng wah tnyata nikamtnya tak kalah dengan warung padang. Harganya pun jauh lebih murah bisa di bawah 5000 perak. Pernah waktu itu makan ama sayur sop dan peyek udang cuman 3000 perak. Bengong juga neh gak salah mbak-e..

Nah jadi deh sekarang kebiasaan makan di warteg disamping mirip denga makanan rumah, tyt murah juga.

OK take care. Ntar disambung lagi..

Written by isal

3 August 2007 at 17:29

Posted in Kesehatan, Obrolan

%d bloggers like this: