Diary of an IT Guy

Heart passion to keep the brain moving>>>

Pribadi yang “TRUSTED” akan selalu beruntung

leave a comment »

Selama saya menjalani hidup ini dan merenung secara mendalam bahwa salah satu pilar untuk mencapai kesuksesan hidup baik dalam kehidupan rumah tangga, keluarga, karir dan sosial adalah kita musti menjadi orang yang JUJUR dan “TRUSTED” dapat dipercaya.

Ya Jujur dan TRUSTED baik dalam perkataan maupun tindakan. Ketidakjujuran dan “inkonsistensi” pada diri seseorang akan membuat orang tersebut tidak akan dipercaya baik oleh teman, keluarga, rekan kerja maupun masyarakat.

Menjadi orang JUJUR dan “TRUSTED” insya Allah akan membuka pintu datangnya rezeki. Kita pun akan senang dan tidak KHAWATIR jika merekomendasikan orang JUJUR dan TRUSTED tersebut untuk direkomendasikan memegang amanah dalam pekerjaan atau menjadi garda perusahaan ataupun direkomendasikan dalam hal perjodohan (kita sebagai mak comblang).

Akan sangat fatal dan bikin malu jika kita merekomendasikan (Misal dalam hal karir/jodoh) orang yang direkomendasikan Tidak Jujur,  berperangai buruk, Sering BOKIS dan TIDAK KONSISTEN. Hal ini akan menyebabkan kredibilitas kita yang merekomendasikan pun menjadi hancur..

Dari gambaran di atas saya belajar bahwa untuk bisa dipercaya seseorang harus memiliki 4 C :

  1. Cleanness (kebersihan hati). Elemen ini memberi ruang yang nyaman untuk setiap orang yang berhubungan dengan kita. Ini berkaitan dengan kejujuran dan niat yang tulus. Kebersihan niat membuat orang merasa aman dan nyaman bersama dengan kita dan itu adalah modal awal untuk mendapat kepercayaan.
  2. Compassion (kepedulian). Elemen ini menebarkan kehangatan bagi orang-orang di sekitar kita yang dalam keadaan sulit, sehingga kita menjadi sahabat bagi orang-orang di tengah kesulitan mereka. Kadang-kadang kita merasa bahwa jalan terbaik untuk menjadi sukses adalah dengan memenuhi semua keinginan kita. Tetapi jalan terbaik untuk sukses adalah dapat dipercaya. Dan untuk dapat dipercaya, kita harus belajar untuk peduli pada kesulitan orang lain, bukan kesulitan kita sendiri.
  3. Courage (keberanian). Elemen ini adalah faktor aktif yang menunjukkan bahwa kita serius menangani keadaan. Keberanian adalah kemampuan untuk maju ke depan dan menerima tanggung jawab, ketika orang lain masih ragu-ragu dan ingin menyelamatkan diri sendiri. Keberanian adalah modal untuk mendapat kepercayaan.
  4. Commitment (kesungguhan). Elemen ini adalah pembuktian kepada orang lain terhadap kualitas kepribadian anda. Betapa sering kita hanya menghitung kompensasi materiil atas pekerjaan kita, tanpa mengerti bahwa pekerjaan sekecil apapun yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan diperhatikan oleh orang lain. Mereka akan menjadi percaya akan kualitas kepribadian anda.

Keempat elemen ini : cleanness (kebersihan hati), compassion (kepedulian), courage (keberanian), dan commitment (kesungguhan) secara bersama-sama adalah kunci untuk membentuk TRUST (kepercayaan) orang lain terhadap anda.

Jika seseorang sudah mendapatkan kepercayaan maka terbukalah baginya 3 kotak hadiah:

  1. Chance (Kesempatan). Orang yang dipercaya akan diberi kesempatan pertama. CEO General Electric, Jack Welch pernah berujar, jika harus memilih antara orang yang pintar atau orang yang jujur, saya akan memilih yang jujur.
  2. Credibility (Nama Baik). Orang yang dipercaya, namanya saja sudah cukup untuk menjadi jaminan bagi orang lain. Nama adalah aset termulia dalam kehidupan kita di bawah langit. Membangun nama membutuhkan waktu yang panjang dan itu membutuhkan kemampuan untuk membuat orang percaya. Menghancurkan nama hanya butuh satu hari, dan caranya adalah dengan mengkhianati kepercayaan orang. Betapa sering kita lupa bahwa orang selalu mencatat riwayat perjalanan kita, dan setiap perbuatan kita akan dinilai apakah kita termasuk orang yang dapat dipercaya atau tidak.
  3. Credit (Penghargaan). Orang yang dipercaya akan mendapat hadiah. Kalau yang memberi hadiah mampu, barangkali hadiah itu dapat berupa jabatan, modal, kekuasaan, kekuatan, dan dukungan. Kalau pun yang memberi hadiah tidak mampu, hadiah itu akan berupa rekomendasi. Mungkin saja anda merasa, saya sudah berusaha dipercaya tetapi tidak mendapat kompensasi yang sepadan; tetapi anda barangkali lupa, bahwa orang melihat dan mencatat kualitas anda, dan akan bercerita tentang anda. Siapa tahu justru rekomendasi atau cerita orang-orang yang percaya pada anda inilah yang akan memperkenalkan anda dengan kesempatan dan figur yang tepat untuk mengangkat potensi maksimal anda.

Jadi ada 3 hadiah bagi orang yang dapat dipercaya : chance (kesempatan), credibility (nama baik), dan credit (penghargaan).

Tetapi tentu saja trust (kepercayaan) harus memiliki pendamping agar tidak pincang. Pendamping yang paling ideal adalah competency (kemampuan). Nah inilah yang juga harus kita latih agar kepercayaan orang kepada kita menjadi semakin maksimal, karena kita memiliki kemampuan yang sepadan dengan karakter kita yang luhur. Kemampuan ini meliputi dua hal :

  1. Kemampuan sosial (social competence), yaitu teknik-teknik untuk menggunakan sumber daya lingkungan, seperti kemampuan kepemimpinan, kemampuan negosiasi, kemampuan berbicara di depan umum, dan juga kemampuan bergaul dan memenangkan teman.
  2. Kemampuan mencari solusi (solution competence), yaitu teknik-teknik untuk menemukan jawaban atas masalah-masalah yang sedang dihadapi, seperti kemampuan strategi dan taktik, kemampuan teknik praktis, kemampuan menemukan penasehat dan orang bijak, dan kemampuan manajerial untuk melaksanakan rencana.

Dengan trust (kepercayaan) yang dikombinasi competence (kemampuan) maka anda adalah harimau dengan sayap yang sangat perkasa Tidak peduli seberapa lemah kondisi anda sekarang, anda akan dapat mencapai cita-cita mulia yang anda impi-impikan.

KEEP TRUSTED!

Written by isal

21 February 2010 at 14:29

Posted in Power

Tagged with , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: