Diary of an IT Guy

Heart passion to keep the brain moving>>>

Again, Kualitas & Purna Jual Kamera Digital Kodak Menyedihkan

with 2 comments

Di posting sebelumnya saya mengeluarkan unek-unek selaku pengguna kamera digital merk Kodak dimana saya merasa kapok membeli kamera kodak disebabkan kualitas kamera yang buruk layananan service yang menyedihkan. Sebagai bentuk protes dan kekecewaan saya, saya tidak sudi untuk mengambil itu kamera lagi dari service center Kodak.

Nah di koran Kompas hari ini sabtu 21 Nov 2009 – ternyata ada yang menyampaikan unek-unek tentang kamera Kodak ini. Wow  saya tidak sendirian, ternayta ada pemilik Kodak yanglain yang senasib dengan saya dimana kecewa dengan ini kamera dan purnajualnya.

Mau tahu unek-unek-nya? Berikut adalah cuplikannya:

Purnajual Kodak

Saya rekanan koperasi yang antara lain menjual produk kamera digital merek Kodak tipe C 713 nomor KCGHP 82515969 yang saya dapat dari pedagang penyalur (Toko AP) di Jakarta Pusat. Kamera itu rusak setelah dipakai sekitar dua bulan. Saya menitipkannya di toko itu untuk diperbaiki. Sudah sekitar empat bulan dititip, kamera belum juga selesai diperbaiki.

Memang pada bulan ketiga setelah diserahkan (September 2009) kamera selesai diperbaiki. Namun, perbaikan hanya asal. Setelah kamera dipakai menjepret satu kali, layar merah kembali dan blank. Tidak ada perbaikan signifikan. Sama seperti saat dimasukkan untuk perbaikan. Saya menyesal dengan produk itu karena tidak dapat dipertanggungjawabkan secara profesional.
BUDI YANTO Jalan Kramat Kwitang 1 F, Senen, Jakarta

Referensi : http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/11/21/03541990/redaksi.yth

Kamera Kodak Tanpa Purnajual

Tertarik iklan yang tampil kontinu di beberapa media cetak, saya membeli kamera digital Kodak (tipe C330) seharga Rp 1.195.000 pada Agustus 2006, dengan jaminan resmi PT Macindo merangkap layanan servis. Pada Mei 2008 tiba-tiba lensa macet. Tanggal 9 Juli 2008, saya membawa kamera itu ke Macindo untuk diperbaiki (diterima Saudari Elmi) dan kamera ditinggal untuk dilihat kerusakannya.

Tiga hari kemudian dijanjikan akan dikabarkan untuk persetujuan kelanjutan perbaikan. Namun, selama sembilan hari, saya berusaha menelepon, tetapi tidak ada respons. Hanya mesin jawab yang melayani dengan informasi sedang sibuk. Tanggal 21 Juli 2008, saya terpaksa datang dan menyaksikan bahwa banyak telepon masuk, tetapi tidak pernah direspons. Saya terkejut saat dijelaskan sudah tidak ada suku cadang dan solusinya diminta tukar tambah dengan Kodak (C813) seharga Rp 1.250.000.

Tawaran itu menunjukkan Kodak tidak bertanggung jawab atas purnajual atau jual lepas. Jika tidak setuju, kamera dikembalikan kepada konsumen tanpa jaminan dalam keadaan utuh/tidak dikanibal. Mohon instansi berwenang tidak membiarkan praktik-praktik yang merugikan konsumen. Petunjuk pemakaian kamera antara lain memakai bahasa China dan Thailand, padahal dipasarkan di Indonesia. Apakah ini tidak melanggar SNI?
Budi Haryono Jalan AMD X Nomor 55, Petukangan Utara, Jakarta

Referensi : http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/08/19/00473097/redaksi.yth

Neh dia Komplain tentang Kamera Kodak yang lain :

http://suarapembaca.detik.com/read/2007/03/14/150051/754150/283/kodak-bikin-kecewa-dendi

http://suarapembaca.detik.com/read/2007/03/14/150051/754150/283/kodak-bikin-kecewa-dendi

Moral Story : Kamera Digital Kodak sudah hilang nilai kualitas dan kepuasannya di mata pelanggan.  So pikir-pikir deh beli kamera Kodak.

Written by isal

21 November 2009 at 23:43

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ada yang senasib juga ternyata daya tahan kamera Kodak menyedihkan
    see:
    http://www.pacamat.com/daya-tahan-kamera-kodak/

    isal

    22 November 2009 at 00:04

  2. ya nieh….kameraku jg tombolnya gak bisa shutter….nyari tmpt servis di bandung kaga ada,,katanya harus k jakarta cape deh,,,,…!!!

    iwang

    4 October 2011 at 14:23


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: