Diary of an IT Guy

Heart passion to keep the brain moving>>>

Lehman Brothers Ambruk : salah satu bukti brutalnya kapitalisme

leave a comment »

Beberapa bulan lalu saya posting sebuah artikel berjudul
Amerika (dan kita?) sudah diambang resesi akibat gaya hidupnya sendiri di mana di situ di bahas ambruknya beberapa institusi keuangan raksasa seperti Fannie Mae, Fredie Mac dan Bear Stern yang kolaps akibat krisis kredit macet perumahan (Subprime Mortgage).

Nah kemaren dapat kabar satu lagi lembaga keuangan kakap atau bank investasi Lehman Brothers akhirnya ambruk gara-gara sudah kekurangan modal dan gagal bayar utang ($613 Milyar)  akibat dampak dari Subprime Mortgage ini. Ini yang berakibat index wallstreet anjlok dan investor melakukan redepmtion besar-besaran karena tidak percaya lagi dan khawatir uangnya gak akan kembali. Dan investor ini biasanya para Manajer Investasi (MI) yang memainkan uang nasabah (dari dana pensiun, reksadana, asuransi) untuk di mainkan di pasar uang, pasar saham, dll.

Beruntung bank investasi kakap lain yakni Merrill Lynch selamat dari kebangkrutan karena berhasil menggandeng Bank of America untuk membeli (dengan sangat murah/ harga obral) Merril Lynch serharga USD 50 Milyar (uang segitu mungkin lebih dari 10 kontainer besar.. dan cukup buat pensiun dan keliling dunia)

Hayohhh siapa lagi yang mo menyusul??? Kabarnya AIG dan Washington Mutual lagi sekarat. Waduh kalau dua perusahaan ini juga ambruk.. wah pasti bursa saham dunia akan semakin terpuruk…

Nah sebenarnya ini terjadi karena apa ya…? OK sudah terbukti praktek ekonomi kapitalis gagal dalam hal ini. Salah satu semboyan ekonomi kapitalis itu adalah: “This is bussiness not Charity”. Mereka mengeruk keuntungan sebesar-besarnya tanpa mempedulikan efek pengaruh apakah tindakan dia dapat memiskinkan orang lain dengan beban bunga rente yang beranak pinak..

Hayoooh bagi yang pernah macet kartu kredit.. siapa ngacung… pasti diburu ama debt collector yang galak kek anjing dobermann. Itu contoh kasus kecil untuk kredit macet yg jumalahnya tidak seberapa.. Apalagi ini yang jumlahnya $613 Milyar… It’s very2 complicated!

AS sudah berkali-kali menjadi korban junk bond yang ironisnya menjadi buruan para spekulan. Kali ini krisis subprime mortgage, yang bisa juga dikategorikan junk bond, telah memukul tidak hanya sektor finansial AS, melainkan juga dunia.

Paham kapitalisme mungkin membawa manfaat sampai titik tertentu, tapi harus diwaspadai pada keadaan di mana perilaku penganutnya sudah melampaui batas dan cenderung menghalalkan segala cara demi keuntungan. Pelajarannya adalah, ketamakan beberapa pihak bisa menyengsarakan banyak sekali umat manusia di atas bumi ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: