Diary of an IT Guy

Heart passion to keep the brain moving>>>

Iklan Axis Jujur, Iklan XL Blunder, yang lain pada tiarapp

with 11 comments

Saya hanya ingin share saja sebagai pengguna jasa telekomunikasi seluler di mana saat ini sedang gila-gilaan perang tarif antar sesama operator yang ujungnya katanya berimbas pada turunnya laba Telkomsel di semester I 2008 . Hahaha… Telkomsel ada-ada aja. Tapi memang seh Telkomsel paling mahal se-Indonesia 😦 Namun begitu hal ini juga berimbas kepada kolapsnya para usahawan voucher kecil dimana sekarang operator menerpakan pola pembayaran cash tidak lagi kontra bon (untuk menekan loss margin akibat perang tarif) sehingga yang bertahan adalah para disktributor kakap.. haduhhh.

Lanjut mengenai iklan telco yang tidak henti-henti dimana yang saya amati dengan serius adalah perbandingan antara iklan XL dengan Axis.

FYI saya adalah pengguna XL (Xplore) sejak tahun 2005 dan jujur kalau saya nilai iklan-iklan XL ini “sedikit tidak jujur” sehingga ujung-ujungnya bisa blunder!

Contohnya iklan XL yang bisa bikin dia blunder:

  • Sekitar september 2007 XLmengeluarkan iklan 1 rupiah per detik tapi pas kenyataan di lapangan masih lebih mahal alias bukan 1 rupiah per detik. Ternyata perogram tersebut berlaku untuk tanggal nanti (tanggal maju, saya lupa lagi tgl berapa s.d tgl berapa). Halah kok bikin iklan kok tidak jujur dan periode tanggal promonya dikecilin alias agak “disembunyikan”. Dan blundernya adalah ngeluarin iklan tapi efeknya tidak berlaku saat itu juga. So pas kita cek pulsa kok tidak sesusai iklan. Eh ternyata promonya bukan untuk saat itu..tapi kalau gak salah minggu depannya lagi. Yah jujur saya agak ketipu.
  • Iklan kawin ama kambing.. jujur gw sebel banget ama iklan ini.
  • Iklan XLamasi saat ini yang diperankan oleh Luna Maya juga sedikit ada “tipuan-nya”. Pertama tidak dicantumkan secara jelas promonya dari tanggal berapa sampai tanggal berapa, kedua ada statement tarif sms 9 rupiah ke semua operator. Nah kalau orang awam nyangka pasti wawww murah bangettsss… tapi ternyata tarif 9 rupiah itu berlaku kalau pulsa kita dipotong duluan sebesar Rp. 5000 untuk kirim 128 SMS selama 5 hari. Nah lho.. dan itu harus daftar dulu ke 878. Setelah 5 hari terus dipotong lagi. yach Orang deso masak ngarti yang kek ginian.. Namun begitu XL juga menyediakan opsi kabar via SMS jika pulsanya besok mau diptong, si user di kasih opsi mau terus atau enggak… well tha’ts good.

Jauh berbeda jika dibandingkan dengan iklan operator Axis si pendatang baru yang baru kurang dari setahun sudah merenggut 1 juta pelanggan. Jujur saat ini gw pingin pindah ke ini operator. Gw kepincut banget ama akses data gratis 10 MB pertama-nya itu. Lumayan buat cek RSS dan blog walking di manapun kita berada. Gw dah punya kartu axis tapi berhubung nomor XL sudah begitu dikenal temans kantor dan konco yg lain, so saya masih pakai kartu XL. Tahu tuh kalau XL masih sering error… hhm kemungkinan pindah semakin besar…

Kelebihannya axis antara lain:

  • Tarif lumayan jauh lebih murah apalagi akses data GPRS/3G-nya. Cepet banget. Jauh bila dibandingkan ama Indosat (gw pegang blackberry) apalagi XL. Cepet mungkin masih belum banyak pelanggan kaleee… 🙂
  • Iklannya jujur dan transparan. Bener ini yang gw suka. Iklan axis mencantumkan dengan jelas bahwa promo ini dari berlaku sampai tanggal berapa. Gak ada tipu-tipuan. So memang axis “GSM yang baik” gw setuju lah. Mudah2n bisa dipertahankan. Jgn sampai ada udang dibalik batu yakni cuman di awal aja krn dia baru. Apalagi ada niatan axis ini mo dijual lagi ke bandar telco yang lebih besar.. oh no.. baru jalan udah mo dijual… jangan yach..

OK mungkin demikian review gw mengenai operator ini. Untuk operator lain semacem “3” , Indosat dan Telkomsel gw belum berani review lebih jauh coz masih gelap atau mereka mungkin lagi tiarapp akibat perang tarif yang sangat brutal.

Gw harap semua operator dapat memberikan layanan kompetitif dan prima. Jangan sampai kejadian kemaren “never ending story” terulang lagi yach… Gw terima telepon pakai XL error mulu alias sering diskonek kalau sudah beberapa menit. Buat rekans IT dan OSS di XL, Telkomsel, Indosat, 3, esia, smart, dll: selamat bekerja yach… Moga system dan network selalu aman-ama saja.

Thanks..

Advertisements

Written by isal

14 August 2008 at 03:04

Posted in Obrolan

Tagged with , , , , , , ,

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. hati-hati mas. seringkali sesuatu yang baru memang kelihatan bagus. tapi ya silakan dicoba deh. kalo aku masih suka pake pren. murah and gak pakai periode promo. selamanya murah. moga-moga aja gak ikut2an operator lain yang sering gonta-ganti tarif gitu.

    andre

    19 August 2008 at 19:01

  2. yaaa… padahal saya sedang berfikir untuk berpindah kelain hati, eh maksudnya berpindah kelain operator..

    kartu halo, udah paling mahal… gak ada promo2nya lagi… kalopun ada, gak menarik… tapi kakak gue yang kebetulan di Teslkomsel, ketiban rejeki karena tiap tahun dapat bonus 2x , tenah tahun dan akhir tahun.

    ahh, jadi serba salah yahh…

    silly

    20 August 2008 at 12:53

  3. @silly
    lho…. kok enak kakaknya mbak sil. sedulurku yang pake telkomsel kok gak dapet apa-apa. kakanya mbak sil kerja di telkomsel ya? bonusnya apaan mbak?

    andre

    20 August 2008 at 14:13

  4. Wah gawat yah , dah maen boongan gitu.

    aminhers

    20 August 2008 at 22:49

  5. wah, pantes ajah pulsa xl selalu cepet abis. kebanyakan syarat ini itunya yang terselubung to? ini namanya pembodohan publik nih… ato emg gw yang ga mo repot cari tau syarat2 yak? termasuk orang ndeso nih, abis ga ngerti yang beginian. hihihi…

    salam kenal ya, mas!

    caroline

    21 August 2008 at 08:04

  6. @ andre: eh kalau pren sudah gak sering tulalit khan?

    @ silly: iya pegawai PT. TELKOM TBK sudah lama mengangagp para pegawai TELKOMSEL sebagai anak DURHAKA karena darisisi gaji dan bonus di TELKOMSEL gila-gilaan boooo… btw lo pasti sering nodong kaka mu itu yeee..:mentah-nya..mentahnya…mana 🙂

    @aminhers: gmn kalau di thailand murahan mana jika dibanding di Indo

    @caroline: iya mbak itu syarat harus daftar dulu. kalau orang yang males baca manual mah udah kerampok semua tuch.. hahaha… maaf ya XL.. it’s real.. dont sue me..

    isal

    21 August 2008 at 14:42

  7. enggak tu mas. lancar-lancar aja. hanya tiap 1 jam pasti nutup sendiri. gak pa2 lah, 1jam juga bibir dah menye-menye kayak mbak sil. he..he…he….

    andre

    21 August 2008 at 17:08

  8. ah semua provider mau itu ada kelebihan dan kelemahannya….XL wah kalo mau murah emang musti pake kode-kode ato gak ada jamnya, untuk akses internetnya….WUIHHHHH MAHAL!!!!!!
    Telkomsel, wah udah pada tau lah kalo yang paling jarang murah he he he he. Axis…saya baru tau nich kalo yang ini, saya punya no nya tapi tidak pernah untuk telpon dan sms hanya untuk mengakses internet saja….MURAH!!!!!!! tapi kira-kira untuk selamanya atau hanya sementara(akhir thn 2008) ya….he he he

    ferito

    24 August 2008 at 15:57

  9. Wah, kebetulan calon istri dari adik ipar jadi supervisor service desk di axis. Jadi, ada promo juga dari dia tentang OKnya Axis.

    Tapi, saya masih setia dengan IM3, soale nomornya dah dikenal, unik, dan sekarang saya lagi ga punya HP! Hehe.

    Mungkin, nanti mau coba Axis. Kapan ya? Soalnya di Bandung, apalagi di rumah, susah ada sinyal, euy.

    Thanx anyway atas info tentang Axis vs XL.

    Fina Martiningtyas

    31 August 2008 at 14:27

  10. saya mah ttp pake im3 sms murah, intrnetx Rp1/kb tp lok drmh sring lemot gprsx.
    kl mau murah y lht lawan qt dong, pd pk opertr ap yg plg byk dgunakn xl,axis ato im3.
    apapun bntukx ssama operator itu yg paling murah.
    tul kan..

    wahyu.cimonCe

    12 December 2008 at 10:08

  11. udh nikmati sj…mereka jg seperti kampanye !!!

    ashari

    20 May 2009 at 07:24


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: