Diary of an IT Guy

Heart passion to keep the brain moving>>>

Bermain Virtualisasi

with 2 comments

Mengingat tahun ini gaung virtualisasi di dunia IT semakin membesar dan ditunjang oleh dukungan teknologi virtualisasi yang semakin ekonomis harganya atau bahkan gratis, maka saya mencoba untuk melakukan experimen virtualisasi operating system lain sehingga berjalan di windows XP yang saya gunakan.

OK saya coba teknologi software virtualisasi yang ditawarkan oleh VMware namanya yakni VMWare server. Software ini gratis dan dapat anda download di www.vmware.com

saya tidak mengerti kenapa vmawre server ini jadi gratis sedangkan vmware workstation harus bayar padahal fitur2nya hampir mirip. Bisik2 sih katanya vmware gakmau terancam pangsa pasarnya sebagai #1 virtualization vendor in the world (85%) gara-gara digoyang oleh Microsoft yang sudah mulai serius menggarap pasar virtulaisasi dengan mengeluarkan Microsoft Virtual Server yang gratis.

So sekarang lagi diadu untuk menerapkan standard virtulisasi softwre ke depan seperti apa. Siapakah yang menang Vmware atau Microsoft? we’ll see..

Ok balik lagi, Setelah Anda download, Anda diharuskan untuk meminta serial number untuk digunakan di software tersebut. Isilah form S/N request dan setelah disubmit nanti akan digenerate serial number untuk Anda untuk Anda masukkan ketika proses instalasi berlangsung. Ingat jgn lupa simpan baik-baik S/N ini agar suatu waktu perlu tinggal diakses lagi.

Ada prayarat yang musti Anda penuhi untuk mencoba virtual machine :

  1. Processor harus kuat. Minimal Pentium 4
  2. Memory harus OK. Minimal 1 GB
  3. Hardisk juga harus besar ntuk menampung image dari virtual OS yang kita instal
  4. PC anda harus punya LAN Card-nya

Nah untuk mencoba os lain misal linux Ubuntu shg bisa jalan berbarengan dengan
windows XP yang sedang Anda pakai ya Anda tinggal masuk ke VMware Console dan klik menu New Virtual Machine dan ikuti step by step-nya. Jgn lupa masukan CD installer linux Ubuntu Anda ke CDrom sehingga nanti si VMware akan melakukan proses instalasi ke virtual machine. berikut adalah screenshot hasil instalsi virtual machine Ubuntu 8 di windows XP saya:

Di ubuntu tsb saya bisa melakukan apa saja termasuk browsing internet dan melakukan linux console untuk install program under linux dsb. Dgn virtualisasi, saya tidak perlu lagi ribet2 lagi untuk pusing masalah alokasi partisi yg bisa bikin masalah dimana kalau salah hardisk kita bisa ke-format.

Target beriktunya saya akan melakukan intalasi windows small business server 2003 dan sepertinya sudah disupport oleh Vmware server.

Di situ saya akn coba merestore backup-an harian sehingga mail server exchange bisa go live. Report-nya akan saya paparkan di posting berikutnya.

Have a nice virtualization!

Advertisements

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Thanks for your info, I wanna to try it
    have a nice virtu too.

    aminhers

    30 July 2008 at 19:26

  2. nggak maenan Virtual box juga mas? Free dari Sun Microsystem legal dan kuwenceng.

    dicoba mas… saya pake untuk nyoba hasil downloadan semua cd yang ada di http://pc007.co.cc 🙂

    Darojatun

    21 August 2008 at 23:12


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: