Diary of an IT Guy

Heart passion to keep the brain moving>>>

Ikutan Acara “Go Beyond Through Virtualization”

with 2 comments

Alhamdulillah, hari kamis kemarin (17/7) eke berkesempatan hadir dalam acara seminar atau workshop atau mungkin promosi produknya NetApp bekerjasama dengan Datamation sebagai agen resmi VMware di Indonesia. Tempatnya adalah di ballroom hotel Ritz Carlton Mega Kuningan. Again hotel mewah lagi dipakai untuk ajang marketing produk IT. Ini kali kedua eke masuk ke Hotel Ritz Calton.. hehehe.. dasar wong deso..

Di dalamnya disajikan beberpa topik menarik seputar virtualisasi server sebagai wujud sumbangsih menuju “Green IT” dimana untuk skala tertentu (terutama untuk kalangan enterprise besar dan data center) virtualisasi ini dapat menghemat cost terutama biaya pengadaan server baru, biaya listrik , AC, dan cost lainnya. Virtualisasi juga bermanfaat untuk para developer untuk bikin lab-nya sendiri baik untuk compile software maupun testing tanpa mengganggu sytem yang sudah production.

Selain itu virtualisasi biasanya digunakan untuk disaster recovery just in case server down, maka virtual server adalah solusi untuk bussiness continuity sehingga tidak terjadi downtime yang cukup lama.

Empat komponen syarat penting dalam virtualiasi adalah :

  • Processor (disarankan yang hi-end atau yang sudah dual core, quad core atau multi core atau Hyper-V)
  • Memory (minimal 1 GB, disarankan lebih besar misal 4 GB atau lebih heheheh)
  • Hardisk (ini dia penting juga karena digunakan untukmenyimpan image mesin virtual. Disaranakn minimal SATA; IDE jg masih bisa; atau yang lebih baik semisal SCSI atau SAS dengan kecepatan RPM 10K ke atas)
  • NIC

Beberapa point dan pelajaran penting yang saya dapatkan dari hasil mengikuti acara ini :

  1. Wah di luaran sana, ternyata di atas langit ada langit lagi. Maksudnya banyak jago-jago IT yang cukup mumpuni dan cukup mampan dalam mengenyam “makan asam garam” menangangi server kelas atas (Blade, Storage server, dll). Sertifikasinya gila-gilaan dan kerjanya lebih gila dibanding eke sendiri.
  2. Mulai sekarang eke harus sudah mulai riset untuk implementasi virtualisasi di lingkungan kantor eke sendiri. Targetnya pingin bikin virtualisasi untuk disaster recovery just in case of (amit..amit..)
  3. Ternyata software virtualisasi kelas tinggi seperti VMWare ESX server plus appliance software 3rd party seperti NetApp harganya cukup edduuunnn (bisik2 di atas 10.000 USD CMIIW). Hehehehe… pantesan yang dateng ke seminar ini adalah jago-jago IT di kalangan entrprise besar yang duitnya unlimited (Oil, Banking, Telco) krn memang mereka memerlukannya …
  4. Eke jadi tahu sekarang teknologi yang digunakan untuk storage server beserta istilah-istilah protocol storage hehehehe.. sepeti iSCSI, Fibre Channel, NFS, SAS, dll. Padahal eke sebelumnya pake FreeNAS hehehehe cuman make doank…

Moral Story: Ternyata acara-acara ini cukup menginspirasi diri untuk selalu melakukan benchmarking terhadap system yang telah di-aristeki dan sytem yang sedang hot dan update di luaran sana plus juga jadi ajang kenalan dengan temen-temen IT lainnya sebagai ajang sharing ilmu dan pengalamannya masing masing. Go Virtual!

Written by isal

18 July 2008 at 14:47

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. mantap nih acara…
    pi klo saya ikutan acar ginian, pasti cuman bisa bengong, terheran-heran dengan sajian materinya….

    sapimoto

    28 July 2008 at 08:58

  2. sapimoto : jgn khawatir mase… banyak kok blogger yang hadir. Kalau bengong ya ikut numpang lunch-nya aja kan gak tiap bulan makan makanan ala hotel mewah. ..kekekekekk

    isal

    29 July 2008 at 16:53


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: