Diary of an IT Guy

Heart passion to keep the brain moving>>>

Korupnya Polisi di Indonesia: Ujung-ujungnya minta duit!

with 2 comments

Baru dapat curhat dari temen yang baru ilang motor tiger terbaru 2008. Baru satu bulan dipake motor sudah ada yang maling. Dan ilangnya di parkiran gedung lagi. Wah ini gedung emang rese sistem keamanannya. Masa sudah dijaga sampai dua lapis penjagaan dengan tampang para security mirip tentara plus sistem CCTV yang canggih masih tetap saja kebobolan.

Ketika temenku ini motornya ilang gak kebayang betapa lemesnya dia. Pastilah gak enak makan dan susah tidur. Pas motornya ilang dia langsung lapor ke Building Manajemen (BM) dan kepala security. Lansung deh proses forensik yang melelahkan dimulai. Pemeriksaan rekaman CCTV frame-by-frame dilakukan. Kesimpulannya ini motor dicuri oleh dua orang kawanan. Masuk parkiran gedung pake satu motor. Keluar merka berdua sudah beda motor. Orang yang kedua pakai motor hasil maling.

Nah motor hasil maling tersebut bisa lolos pemeriksaan STNK dan karcis parkir gara-gara security di bawah tidak ada yang ajaga dan petugas parkir lalai memriksa karcis parkir. Kebtulan lagi pas saat itu pintu palang parkir sedang diperbaiki. Jadi si maling terbsut langsung bisa kabur dengan melemparkan duit 4000 dikuel-kuel dengan slip pembelian minimarket yang mirip slip karcis parkir. Jangan-jangan ada kerjasama antara orang dalam (pihak security) dengan maling tsb sehingga bisa memanfaatkan celah yang ada. Yah sudahlah motor tsb ilang…

Nah abis itu ya temenku ini lapor ke kantor polisi mengenai kehilangan motor ini tepatnya ke polsek setiabudi. Berikut adalah percakapan ketika memberikan laporan kehilangan:

Temen: “Pak saya mau lapor mengenai kehilangan motor”
Pak Polisi: ” Jadi Anda suruh polisi untuk nyariin?”
Temen: ” Ya terserah bapak, pokoknya saya mau lapor bahwa motor saya ilang”

Gebleg neh pulisi sudah ketimpa musibah malah kayak gitu jawabannya. Mana semboyan: pelindung dan pelayan masyarakat tai kucing. Nah dari situ dan jg obrolan dgn temen2 memang untuk urusan dengan pulisi segalanya selalu ujungnya minta duit. Pernah waktu itu juga ada temen yang ilang motor dan pulisi datang ke rumah menwarkan mau dicariin gak. Kalau mau ya harus ada uang pelicinya gitu. Bisa-bisa harga motor 10 juta, uang untuk nyarinya bisa sampai menyamai harga motor tsb.

Juga kalau kejadian tambarakan di jalan. Yang benar bisa jadi salah dan yang salah bisa jadi benar tergantung uang sogokan yang diberikan manayang paling besar. Plus backing. Jijik gw lihat pulisi korupnya minta ampyunnn… Mulai dari urusan kecil: bikin SKKB pake duit. Ditilang pake duit. Laporan kehilangan kalau mau dicariin pake duit. Mungkin in karena akibat dari sejak awal masuk akpol juga pake duit sogokan.

Kapan ya pak Anda insyaf dan memberi contoh kepada yang lain. Ingat loh pak hasil uang haram yang bapak dapet itu kemakan ama anak istri bapak di rumah. Saya pikir sekarang sudah saatnya prilaku korup aparat ini ditayangkan di film2 atau sinetron seperti film2 India yan gsudah sangat berani menayangkan bejatnya prilaku polisi jahat seperti inspektur vikram singh.

Bagaimana neh pak Sutanto. Mohon anak buahnya direformasi sampai tuntas. Kalau perlu direvolusi aja sekalian biat bener2 bersih.

Posting lainnya ttg polisi korup:

Written by isal

8 May 2008 at 17:48

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Neh dia kelakukan polisi korup yang dari dulu kagak mau berubah
    =========================
    Lapor Motor Hilang Dimintai Uang
    http://megapolitan.kompas.com/read/2010/04/06/08470149/Lapor.Motor.Hilang.Dimintai.Uang

    sahanif

    6 April 2010 at 10:17

  2. […] sebenarnya pingin lapor ke unit cyber crime Polri tapi ya itu dia masih sungkan karena takut diomelin / dimintain duit oleh penyidik.. dan masih trauma dengan pameo umum di masyarakat.. Jika lapor […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: