Diary of an IT Guy

Heart passion to keep the brain moving>>>

Implementasi network storage backup pake FreeNAS

with 4 comments

Mungkin diantara kita atau lebih spesifik yakni orang IT sudah terbiasa melakukan backup file/data ke medium penyimpanan baik di hardisk yang beda partisi, USB flash, eksternal hardsik, dll. Namun hal tersebut mungkin agak kurang praktis kalau misal kita menjalaninya di lokasi lab/kantor dengan jumlah PC yang banyak misal 50 PC lebih. Nah untuk kasus yang seperti ini kita membutuhkan storage /penyimpanan yang bisa diakses secara network. Atau dalam istilah IT-nya yakni solusi Network Attached Storage (NAS).

Nah solusi server storage ini cukup banyak tersedia dipasaran terutama yang dibundle dalam bentuk hardware/appliance. Misal seperti yang dijual di Bhinneka ini. Harganya bervariasi dari yan gminimal 500 USD sampai dengan ribuan USD. OK jika beruntung bekerja di company yang budgetnya unlimited dan dari atas mempunyai kebijakan menggunakan brand tertentu misal HP, maka anda dapat memilih tipe NAS yang cocok. tapi jika anda bekerja di start-up compny, atau SMB yang ketat dengan budget, ada baiknya Anda buat sendiri solusi NAS tersebut dengan solusi yang Free dari FreeNAS .

FreeNAS ini merupakan OS server turunan FreeBSD/m0n0wall dimana di dalamnya kita dapat melakukan konfigurasi NAS dengan cepat menggunakan tampilan yang cukup mudah (WYIWYG). Saya sendiri sudah implement FreeNAS ini di kantor dan performa-nya lumayan bagus. Proses instalasinya gampang (seperti install windows aja) dan cepat – hanya butuh waktu 10 menit.

Untuk menginstall FreeNAS setidaknya dibutuhkan PC – diana saya sendiri pake PC tua pentium 3 dengan RAM 256 MB plus ethernet card bekas 3Com (beli dari Fastncheap) plus dua hardisk seagate (satu 20GB dan satu lagi 80GB). Anda bis atambah lagi hardsik sesuka anda misal hardisk 500GB. Tipenya bisa ATA, SATA atau SCSI.

Nah FreeNAS sendiri sebenarnya bisa diinstallkan sebagai liveCD, jadi anda bisa mencobanya lagsugn tanpa perlu meng-over-write hardisk. Setelah boot, secara otomatis FreeNAS akan diset pada IP address 192.168.1.250. Lewat browser anda dapat mengakses GUI FreeNAS lewat URL http://192.168.1.250 hasilnya nanti akan muncul kotak dialog untuk memasukkan username dan password. Secara default username-nya adalah: admin dan passwordnya adalah: freenas .

Nah baru deh anda bisa jajal itu freeNAS. Baru setelah puas anda bisa Install freeNAS ke dalam hardisk utama sehingga nanti konfigurasinya tidak hilang jika mesin dimatikan atau di-reboot.

Dari statistik yang saya hitung (di jam sibuk), dalam proses backup diperlukan waktu 8 menit untuk backup 500MB data. Berarti 1 GB perlu waktu 16 menit. 30 GB = 30×16 menit = 480 menit = 8 jam. Mungkin proses backup akan lebih cepat jika jaringannya sednag kosong dan LAN Card/switch anda bagus misal pake gigabit ethernet. Namun itu lumayan dah untuk melakukan backup yang ter-schedule. Misal di hari sabtu atau minggu.

OK silahkan coba FreeNAS. It’s absolutely free!

Written by isal

22 August 2007 at 17:25

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. mas,
    freenasnya pernah di connect ke Windows server 2008? Bisa atur read/write access ke freenas melalui Windows Server 2008/2003?
    Tolong balas ke email saya aja ya.
    Thanks

    Yac

    14 July 2009 at 14:58

  2. gan aku udah install freenas 6,7, permasalahanya ketika di restart ulang kok gak jalan ya?

    Didik Windiarto

    14 July 2011 at 06:57

  3. untuk menginstall freenas minimal harus 2 hardisk atau bisa hanya dengan 1 hardisk..?
    Mohon infonya..

    deiago

    9 March 2012 at 18:19

    • Satu hardisk jug abisa tapi kalau NAS bagusnya minimal 3 hardisk supaya bisa RAID-5. Untuk bisa RAID musti beli RAID CARD-nya lagi.

      isal

      9 March 2012 at 19:10


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: